Disebut onpage karena yang dioptimalkan adalah website itu sendiri, bukan dengan
cara dari luar website seperti mencari backlink atau memasukkan artikel ke social bookmark.
cara dari luar website seperti mencari backlink atau memasukkan artikel ke social bookmark.
Mesin pencari akan mencari halaman-halaman yang
paling cocok dengan istilah pencarian yang dimasukkan pengguna.
paling cocok dengan istilah pencarian yang dimasukkan pengguna.
Itu sebab, penting untuk membidik kata kunci yang dicari setidaknya lebih dari 1000 kali dalam sebulan.
Jadi akan percuma untuk mengoptimalkan sebuah halaman yang mengandung kata kunci yang tidak atau sedikit dicari orang.
Berikut adalah tujuh tips SEO onpage yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa mesin pencari memperhatikan website Anda untuk istilah pencarian tertentu.
1. Membeli nama domain yang sesuai dengan frase atau kata kunci yang Anda bidik.
Misalnya, jika kata kunci yang Anda bidik adalah ‘pose yoga’ maka nama ideal domain Anda adalah poseyoga.com.
Jika tidak bisa mendapatkan nama yang sama persis, coba gunakan tanda hubung atau menambahkan sebuah kata sebagai akhiran seperti poseyogaplus.com.
Anda bisa menambahkan kata awalan tetapi kata akhiran cenderung memiliki peringkat lebih baik di mesin pencari.
2. Pastikan kata kunci muncul dalam URL halaman.
Hal ini telah tertangani jika nama domain telah mengandung kata kunci. Namun jika tidak, Anda dapat melakukan SEO onpage pada sub-halaman. Jadi misalnya Anda akan memiliki URL seperti domainanda.com/pose yoga.
3. Pastikan kata kunci muncul dalam nama website dan dalam meta tag keyword.
Jika tidak tahu apa artinya ini, Anda perlu memastikan bahwa web developer Anda memahami tentang hal ini.
Tag keyword mungkin tidak sepenting dulu tapi masih layak digunakan sebagai bagian dari strategi SEO onpage Anda.
4. Masukkan kata kunci ke dalam headings (judul dan sub judul artikel).
Jika Anda dapat menempatkan kata kunci ke dalam berbagai tingkatan heading seperti heading 1 (h1), heading 2 (2), dll, ini akan menarik perhatian mesin pencari.
Idealnya, tempatkan kata kunci setidaknya ke heading 1, heading 2 dan heading 3.
5. Buat kata kunci menonjol.
Buat kata kunci menonjol dengan membuatnya menjadi huruf tebal, huruf miring, atau garis bawah. Mesin pencari menganggap kata-kata dengan format khusus sebagai sesuatu yang penting.
6. Jika Anda memiliki sebuah gambar pada halaman web, masukkan kata kunci ke dalam tag ‘alt’ .
Jika tidak memiliki gambar, Anda mungkin ingin menemukan gambar yang relevan untuk artikel Anda. Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk SEO onpage tetapi juga dapat menambah daya tarik artikel bagi pembaca.
7. Membuat kata kunci muncul dalam kalimat pertama dan kalimat terakhir pada artikel Anda.
Mesin pencari sering lebih memperhatikan awal dan akhir konten artikel. Hal ini penting untuk meningkatkan SEO onpage Anda